Wednesday, 3 September 2014

Cara Mengeluarkan Dahak Pada Balita Secara Alami

cara mengeluarkan dahak pada balita

Seorang ibu tentu akan sangat sedih ketika melihat si kecil kesulitan untuk bernafas dikarenakan dahak. Dalam artian saat bernafas bayi tersebut terdengar bunyi seperti mendengkur. Hal itu biasanya sering terjadi pada ketika balita sedang terkena flu.

Jika sakit pada bayi sudah sangat parah sebaiknya konsultasikan kepada dokter spesialis anak untuk memperoleh solusi. Namun jika hanya flu ringan dengan dahak yang masih normal berupa cairan berwarna bening Anda bisa mengeluarkan dahak pada anak secara alami tanpa obat.

Cara Awam Mengeluarkan Dahak / Lendir pada Anak

Para orangtua zaman dahulu akan melakukan apa saja ketika melihat buah hatinya terganggu dengan lendir dahak. Misalnya saja saat pilek, biasanya orang awam mengeluarkan dahak anak dengan segala cara, salah satunya menghisap menggunakan mulut ibu.

Cara seperti itu tidak dianjurkan menurut literatur kesehatan. Sebagaimana kita ketahui bahwa mulut merupakan sumber bakteri, akan tidak baik jika terkontaminasi pada anak. Bisa jadi malah menimbulkan berbagai macam penyakit baru. Lalu bagaimana yang seharusnya seorang ibu lakukan untuk mengeluarkan dahak pada anak?

Cara Alami Keluarkan Dahak Pada Anak

Pada dasarnya balita belum bisa diberi arahan untuk mengeluarkan dahaknya sendiri, untuk itu harus dengan bantuan ibu. Tanpa obat ibu bisa melakukan beberapa aktivitas dengan bayi supaya dahak keluar. Begini cara mengeluarkan dahak pada balita secara alami:

Langkah-langkahnya, ibu dan si kecil diajak berjemur di bawah sinar matahari pagi yang tidak terlalu menyengat. Biasanya antara pukul 7 pagi hingga setengah 9. Lama berjemur bisa ibu perkirakan sendiri hingga badan bayi terasa hangat. Jangan lupa memberi kayu putih atau minyak telon pada tubuh bayi sebelum berjemur.

Sembari terus diberikan ASI yang fungsinya untuk mengencerkan dahak. Panas matahari pagi masih baik untuk mengencerkan dahak bayi secara alami sehingga mudah dikeluarkan. Setelah berjemur, tengkurapkan bayi dipangkuan ibu kemudian tepuk-tepuk ringan pada punggungnya. Jika tidak keluar maka Anda tidak perlu khawatir, dahak yang sudah encer akan keluar bersama feses si kecil.

Demikian tips alami mengeluarkan dahak pada balita untuk para ibu yang sedang kebingungan bagaimana mengatasi anak terkena flu. Semoga membantu.


1 comment:

  1. wowow ... boleh nih saya coba
    beberapa bulan yang lalu anak saya juga pilek gara2 ketularan emaknya :D
    untungnya cepat dibawa ke dokter, soalnya saya bingung mau diapain

    ReplyDelete

Note: only a member of this blog may post a comment.