Friday, 31 October 2014

Akibat Sering Mandi Tengah Malam

akibat sering mandi tengah malam

Dok, saya sering mandi tengah malam dan tengah hari. Apakah ada dampaknya bagi kesehatan? Mohon penjelasannya. Teima kasih.

Jawab:

Kalau anggapan orang selama ini bahwa mandi malam bisa menyebabkan rematik maka itu adalah salah. Hanya saja mandi malam bisa memperberat keluhan nyeri rematik. Karena itu bagi penderita rematik tidak dianjurkan mandi di malam hari.

Adapun dampaknya, maka dapat memicu penuaan dini. Saat malam hari udara dalam kondisi dingin, secara otomatis suhu tubuh pun juga ikut dingin. Untuk menghangatkannya (temperatur tubuh tetap normal) maka tubuh akan meningkatkan metabolismenya agar aliran darah meningkat. Gunanya untuk mensuplai oksigen ke seluruh tubuh.

Karena itu dalam kondisi seperti ini tubuh memerlukan lebih banyak kalori dan oksigen. Untuk mencukupinya maka memerlukan kalori yang lebih banyak dengan cara menimbulkan rasa lapar dan lapar. Untuk mencukupi kebutuhan oksigen, orang itu akan bernafas lebih cepat.

Makanan dan hasil metabolisme, walaupun menghasilkan energi yang dibutuhkan cenderung menumpuk hasil metabolit berupa oksidan dalam tubuhnya. Jika hal itu sering terjadi di dalam tubuh akibatnya orang tersebut akan mengalami gejala seperti layaknya orang yang sudah tua.

Karena itu walaupun mau mandi di malam hari sebaiknya memakai air hangat agar suhu panas tubuh tetap bisa beradapatasi.

Dijawab oleh: dr Ferry Firmansyah

0 komentar:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.