Saturday, 22 November 2014

Payudara Menonjol Sebelah

Payudara Menonjol Sebelah

Saya usia 17 tahun ini, saya punya keluhan payudara saya antara kiri dan kanan kok beda jauh. Yang kiri lebih besar daripada yang kanan. Selisihnya  2 cm dan nggak ada benjolan apapun. Penyakit apa ya ini dok? apa bisa disamakan ukurannya? saya malu dengan keadaan seperti ini.

Jawab:

Perbedaan bentuk besar payudara antara payudara yang kanan dan yang kiri adalah suatu yang normal dan tidak perlu ditakuti. Hal ini tidak ada hubungannya dengan tumor atau keganasan jadi Anda jangan khawatir. Malahan setiap wanita mengalaminya. Tetapi terkadang perbedaannya tidak terlalu mencolok.

Apabila perbedaannya terlalu mencolok dapat dilakukan terapi untuk menyamarkannya dengan memakai bra khusus untuk menyokong payudara agar payudara yang kecil dapat tumbuh secara optimal. Terapi pemijatan dapat dilakukan secara mandiri di rumah dengan cara pengurutan secara melingkar dan dari arah menuju ke arah puting susu (aerola mammae) secara perlahan yang dilakukan teratur sehari 2-3 kali.

Pemakaian krim payudara yang mengandung bahan yang aman dapat digunakan. Apabila cara-cara di atas kurang maksimal dapat dilakukan terapi bedah.

Oleh: Dr Moch Onni

Baca juga:

1 comment:

  1. Walaupun aku laki, tapi informasi ini bermanfaat sekali.jadi lebih tahu, kalau perbedaan PD bukan berarti penyakit

    ReplyDelete

Note: only a member of this blog may post a comment.