Thursday, 4 December 2014

Anak Cerdas Warisan Ibu yang Cerdas

Pernahkah Anda mendengar pernyataan bahwa kecerdasan anak merupakan warisan dari sang ibu?

Anak Cerdas Warisan Ibu yang Cerdas

Penelitian dilakukan pada pasangan kembar terpisah dari seluruh dunia dan menguji kepribadian serta IQ mereka. Hasilnya bahwa anak-anak adopsi yang dibesarkan bersama ternyata nol. Hal itu membuktikan bahwa pengaruh asuhan tidak berpengaruh pada IQ anak.

Berdasarkan studi yang lain disimpulkan bahwa pengaruh peristiwa yang terjadi dalam kandungan terhadap kecerdasan anak 3 kali lebih besar dibanding yang diperbuat orangtua setelah bayi lahir. Senada dengan ucapan ahli genetika dari UMC Nijmegen Netherlands bahwa faktor genetika seorang ibu sangat besar  terhadap kecerdasan anak.

Peran Awal Ibu Dalam Menentukan Kecerdasan


Sel Ovum (dari perempuan) merupakan sel gamet yang terdiri dari inti sel dan sitoplasa lengkap dengan organel - organel yang akan berperan dalam proses pembelahan sel. Sel Sperma (dari pria) merupakan sel gamet yang terdiri atas kepala dengan inti sel dan ekor yang mengandung mitokondria sebagai pemberi energi bagi pergerakan sperma.

Empat belas jam sebelum proses pembuahan (fertilisasi), ekor sperma yang mengandung mitokondria akan dilepas dan dibuang. Inti sel ovum dan sperma akan melebur menjadi satu sehingga terbentuklah sel baru yang disebut zygot.

Inti zygot merupakan gabungan antara inti sperma dan ovum sedangkan sitoplasma dan organel-organel sel berasal dari organel sel ovum. Hal itu menunjukkan bahwa peran ovum lebih besar daripada sperma dalam proses pembelahan sel selanjutnya.

Dari situlah awal peran ibu dalam menentukan kecerdasan melalui mitokondria. Perlu diketahui bahwa mitokondria berasal dari sel telur bukan sel sperma. Oleh karenanya kecerdasan anak diwariskan oleh ibu, bukan ayah.

Mitokondria ini berfungsi untuk memproduksi kimia tubuh bernama adenosin tri phosphat (ATP). Hasil reaksi ATP ini menjadi sumber energi bagi manusia. Mitokondria adalah salah satu bagian sel yang punya DNA sendiri, selebihnya dihasilkan gen di inti sel. Kalau diprosentase, kecerdasan anak 75 persen diwariskan dari ibu.

2 comments:

  1. Pernah dengar juga tentang "kecerdasan diturunkan oleh ibu". Ternyata ini toh penjelasannya :)

    ReplyDelete
  2. Keturunan juga yang menentukan.. Bagaimanapun juga

    ReplyDelete

Note: only a member of this blog may post a comment.