Monday 3 November 2014

Keluar Darah Pasca Senggama

Dokter, saya ibu rumah tangga akhir-akhir ini setiap melakukan hubungan suami istri pasti mengeluarkan darah berwarna hitam. Sudah pernah saya periksakan ke dokter tapi katanya radang rahim, apa itu berbahaya dok? Apa penyebabnya. Terima kasih


 Jawab:

Keluarnya darah hitam saat berhubungan ada beberapa penyebabnya. Bisa karena erosi kemaluan wanita, luka atau lecet. Juga bisa karena adanya infeksi dari dalam kemaluan, seperti peradangan pada leher rahim atau serviks, adanya polip jinak, penyakit kelamin atau miom.

Sedangkan radang rahim seperti yang dikatakan dokter ibu itu karena bisa dari virus atau kuman-kuman seperti jamur, bakteri streptokokus, candida albicans, yang bisa menimbulkan kanker mulut rahim.

Karena itu pengobatannya harus tuntas. Biasanya harus dilakukan pemeriksaan yang lebih teliti dan mendasar untuk memastikan kuman penyebabnya. Jika bakteri itu bisa dilakukan melalui pembiakan kuman dan tes sensitivitas terhadap antibiotika dari cairan vagina. Sedangkan kalau virus harus memerlukan teknologi khusus untuk mengetahuinya.

0 komentar:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.