Thursday 20 November 2014

Tanda-Tanda Kehamilan

Tanda-Tanda Kehamilan

Mau nanya, perut saya itu sudah beberapa hari rasanya penuh dan mual, sehari itu saya makan satu kali karena nggak ada nafsu makan, apa saya hamil dan kalau mau hamil itu yang dirasakan apa saja? Terima kasih.


Jawab:

Ibu, mual bukan berarti tandanya hamil, karena bisa jadi pencernaan bermasalah. Tapi mual juga bisa berarti Anda hamil. Karena biasanya selain mual juga dibarengi dengan tanda-tanda lain seperti pembengkakan pada payudara. Payudara akan berubah bentuk dan berisi karena mempersiapkan untuk menghasilkan ASI. Kemudian payudara sangat sensitif dan lembut meskipun ada juga yang tidak. Putingnya menjadi lebar dan lebih gelap warnanya.

Tanda-tanda kehamilan lain biasanya adanya sering buang air kecil. Hal ini dikarenakan janin yang tumbuh dalam rahim menekan kandung kemih sehingga cepat dipenuhi urin. Bukan itu saja, ibu biasanya akan merasakan sembelit akibat meningkatnya hormon progesterone yang akan mengendorkan otot-otot rahim sehingga otot dinding usus ikut kendur dan menjadikan susah buang air besar.

Kemudian rasa pusing sering datang karena pengaruh mual, lapar, kelelahan dan tekanan darah yang rendah. Tapi ini tidak berlaku bagi semua ibu hamil. Ada juga yang cepat merasakan lelah dan mengantuk sehingga ibu menjadi malas.

Hal ini karena penyesuaian adanya janin di dalam kandungan. Terus mual, ini mungkin yang ditanyakan ibu. Dan ini sering terjadi pada awal kehamilan, karena meningkatnya hormon HCG yang membuat perih pada lapisan perut sehingga menjadi mual.

Selanjutnya rasa muntah ini juga sering terjadi jika tercium bau-bau tertentu. Yang pasti tanda-tanda kehamilan yang paling tepat adalah haid sudah berhenti atau terlambat, meskipun gangguan hormon juga bisa terlambat.

Oleh: Dr Hamidun Kosim, SpOG

1 comment:

  1. Kehamilan ini harus lebih awal ya dideteksi, karena kalau sampai gk tahu sedang hamil, bisa bahaya juga ya..

    ReplyDelete

Note: only a member of this blog may post a comment.