Friday 31 October 2014

Manfaat Biji Rami Untuk Kesehatan

manfaat biji rami untuk kesehatan

Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa biji rami mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Sebagian orang hanya mengenal biji rami untuk menurunkan berat badan. Namun sebenarnya makanan yang kaya omega 3 ini mengandung segudang manfaat untuk kesehatan Anda.

Mengenal Biji Rami

Biji rami dikenal dengan nama flax seed. Tumbuhan ini banyak ditemukan di padang rumput Kanada Barat. Bentuk tanaman ini sangat cantik, bunganya berwarna biru. Dibalik kecantikan tanaman ini menyimpan banyak manfaat. Menurut penelitian, kandungan omega3 pada biji rami ini lebih besar dari minyak ikan.
tanaman biji rami untuk kesehatan

Beberapa Manfaat Biji Rami Untuk Kesehatan

Sebagaimana dilansir dari Natural News, biji rami ini mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, diantaranya sebagai berikut:

1. Menyehatkan jantung dan menurunkan tekanan darah

Kandungan asam lemak esensialnya mampu mengurangi kolesterol dalam darah. Hal itu bermanfaat untuk mencegah penumpukan plak pada arteri sehingga menyehatkan kinerja jantung. Diketahui bahwa penumpukan plak pada arteri merupakan penyebab sakit stroke dan serangan jantung.

Asam lemak pada biji rami ini juga dapat mengurangi peradangan penyebab tekanan darah tinggi dan sirkulasi darah yang buruk.

2. Membantu mengurangi stres

Mengkonsumsi biji rami secara teratur dapat mencegah penyakit parkinson dan alzheimer. Asam lemak yang terdapat dalam biji rami dibutuhkan oleh otak. Biji rami dapat mengurangi tingkat stres maupun kecemasan tinggi dan gejala depresi serta dapat meningkatkan mood Anda.

3. Mencerahkan kulit secara alami

Biji rami sering diambil ekstrak minyaknya untuk produk kecantikan. Kandungan dalam minyak biji rami ini mampu mendorong pertumbuhan sel sehingga menjadi lembut dan halus. Minyak ini juga mampu mengatasi masalah kulit seperti kulit kering, eksim, dan sejenisnya.

Antioksidan dalam minyak rami mampu mencegah proses penuaan dini, menghambat kerut pada kulit wajah dan menghindari kanker.

4. Menjaga kesehatan mata

Seorang yang mengkonsumsi biji rami mempunyai risiko terkena sindrom mata kering 17% lebih rendah dibanding dengan orang yang tak mengkonsumsi biji rami. Kandungan omega 3 dalam biji rami ini sagat banyak memelihara kesehatan mata.

Demikian beberapa manfaat biji rami untuk kesehatan. Akan tetapi perlu diingat bahwa mengkonsumsi biji rami secara berlebihan bisa membuat keracunan. Glikosida sianogen yang terdapat pada biji rami bisa menjadi racun dalam usus.

Biji rami juga tidak dianjurkan dikonsumsi anak-anak. Dosisi untuk orang dewasa mengkonsumsi biji rami di bawah 50 gram atau 2 sendok makan setiap hari. Jika terjadi sesuatu setelah konsumsi biji rami, segera hubungi dokter.

1 comment:

  1. Manfaatnya banyak ya.. Tapi blum pernah lihat biji rami nya

    ReplyDelete

Note: only a member of this blog may post a comment.