Saturday 9 August 2014

5 Bahan Alami Pencerah Wajah

5 bahan alami pencerah wajah

Mempunyai wajah cerah pasti dambaan bagi setiap wanita, terlebih bagi seorang yang sebagian aktivitasnya berada di luar ruangan. Untuk itu seorang wanita rela mengeluarkan kocek lebih dalam demi merawat bagian wajah agar lebih cerah dan cantik. Mulai dari membeli perlengkapan kosmetik hingga datang ke salon-salon kecantikan mahal.

Akan tetapi penggunaan kosmetik bahan-bahan pencerah wajah perlu kehati-hatian sebab sekarang banyak produk kecantikan berbahan dasar yang berbahaya. Kabar gembira bagi Anda yang sedang galau mencari produk kecantikan terutama pencerah wajah yang aman. Ada bahan-bahan alami pencerah wajah yang bisa Anda gunakan dan pasti aman. Berikut 5 bahan alami pencerah wajah:

1. Kentang

5 bahan alami pencerah wajah
Kentang bukan bahan alami yang asing untuk kulit. Cara memanfaatkan kentang untuk mencerahkan wajah sebagai berikut:
Parut kentang, lalu remas atau haluskan. Setelah itu, oleskan pada wajah hingga kering. Setelah kering, ulangi lagi prosesnya hingga mencapai tiga lapisan. Diamkan sampai 15 menit lalu bilas dengan air dingin.
 Cara Kedua:
Kupas kentang lalu iris tipis-tipis, lalu tempel ke wajah dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu cuci bersih wajah.
Kentang mengandung enzim catecholase yang bisa mencerahkan kulit. Gunakan secara rutin untuk membantu mencerahkan kulit Anda secara maksimal.

2. Pepaya

5 bahan alami pencerah wajah
Enzim papain yang terkandung dalam pepaya sangat bermanfaat untuk kulit. Enzim ini bisa membantu mempercepat proses pergantian sel dan kulit. Selain bisa mencerahkan wajah, enzim ini juga dipercaya dapat menyamarkan noda hitam.

Caranya:

Campurkan pepaya yang sudah dihaluskan dengan madu. Gunakan kain bersih dan rendam dalam air hangat. Peras kain bersih lalu sebarkan campuran pepaya di atas kain. Letakkan kain di atas wajah yang sudah dicuci bersih. Diamkan selama 20 menit lalu cuci dengan air hangat. Terakhir, bilas dengan air dingin untuk menutup pori-pori. Gunakan seminggu sekali untuk mendapatkan kulit yang cerah.

3. Mentimun

5 bahan alami pencerah wajah
Sayuran hijau ini kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral. Selain untuk mencerahkan kulit wajah, mentimun juga bisa digunakan untuk mencerahkan kulit ketiak yang menghitam. Tempelkan jus mentimun pada wajah dan leher. Untuk efek lebih segar, simpan mentimun dalam kulkas satu malam sebelumnya. Kantung mata yang menghitam juga bisa dengan mudah diatasi dengan irisan mentimun yang dingin dan segar. Iris menyilang lalu tutup mata Anda dengan potongan mentimun. Diamkan selama 15-20 menit sambil bersantai. Cara ini sudah banyak digunakan oleh para wanita, saya juga salah satu yang pernah mencobanya.

4. Beras

5 bahan alami pencerah wajah
Penggunaan beras untuk mencerahkan wajah memang masih jarang ada di salon-salon kecantikan. Akan tetapi tahukah Anda, beras sejak lama dikenal sebagai rahasia kecantikan wanita Asia. Dikombinasikan dengan susu, beras bisa menjadi ramuan pencerah wajah yang alami. 

Tumbuk beras hingga berbentuk bubuk lalu campurkan dengan susu atau air bersih secukupnya hingga kental. Tempelkan ke wajah seperti menggunakan masker. Diamkan 15-20 menit lalu cuci dengan air dingin. 

Beras memiliki kandungan PABA (para aminobenzoic acid) yang tinggi. PABA bisa berfungsi sebagai tabir surya yang baik. Selain itu, beras juga mengandung asam ferulis yang berfungsi sebagai antioksidan dan allantonin yang bisa mempercepat proses perbaikan kulit.

5. Tomat

5 bahan alami pencerah wajah
Selain sebagai hiasan sajian masakan, tomat juga bagus untuk kecantikan. Kandungan lycopene dalam tomat berfungsi sebagai pencerah kulit alami. Mengkonsumsi tomat juga bisa mengurangsi sensitivitas kulit terhadap sinar UV yang bisa merusak kulit. Kandungan lycopene dalam buah tomat bisa membuat kulit cerah, terlindung dari radikal bebas, dan meningkatkan produksi tabir surya alami pada kulit. 

Untuk mencerahkan kulit ketiak yang menghitam, potong tomat menjadi dua lalu tempel dan oles-oleskan dengan gerakan melingkar pada ketiak. Lakukan ini selama 15 menit lalu cuci bersih. Ritual ini bisa dilakukan setiap hari.

Sedangkan untuk wajah, parut tomat hingga bisa digunakan sebagai masker. Biarkan mengering lalu tempelkan ulang hingga membentuk tiga lapisan. Diamkan selama 20 menit lalu cuci dengan air dingin. Lakukan perawatan ini secara teratur untuk hasil yang maksimal.

Nah, semoga tips mencerahkan wajah dengan 5 bahan alami ini bermanfaat. Perawatan wajah sebenarnya tidak selalu untuk para wanita. Pria juga bisa mengaplikasikan cara ini untuk mendapatkan wajah tampak lebih fresh. Cara mencerahkan kulit terutama wajah ternyata bisa dilakukan dengan mudah dan murah bukan? ;)

5 comments:

  1. wah manfaat nie mas kulit saya bisa kenceng tar hehe

    ReplyDelete
  2. Wah bagus nih, pengen ngilangin bekas jerawat bisa juga nggak ya? Tapi harus siap ribet dikit sih ya kalo mau pake yang alami...

    ReplyDelete
  3. semua bahan tersebut alhamdulillah suka semua, terutama pepaya :)

    ReplyDelete
  4. Pakai mentimun lah, yg paling umum..

    ReplyDelete
  5. selain 5 ini ada lagi enggak ?

    ReplyDelete

Note: only a member of this blog may post a comment.