Sunday 2 November 2014

4 Prinsip Hidup Sehat

Profesor HM Hembing Wijayakusuma, pakar pengobatan herbal mewariskan banyak ilmu berkaitan dengan dunia pengobatan tradisional.  Semasa hidupnya profesor yang beragama islam itu sering mengkampanyekan pengobatan dengan tanaman herbal, buah dan sayur.

Profesor yang telah wafat pada 8 Agustus 2011 silam itu memang telah banyak melakukan penelitian mengenai tanaman-tanaman obat. Beliau juga telah banyak menulis buku-buku mengenai kesehatan dengan herbal, termasuk cara menjaga kecantikan.

Salah satu ajaran dari profesor yang mendapat gelar Guru Besar Wongkwang University Korea Selatan pada tahun 1976 itu mengenai hidup sehat dengan mengetahui titik-titik refleksi pada tubuh manusia. Menurutnya daerah refleksi merupakan titik pusat urat saraf yang berkaitan dengan organ-organ tubuh tertentu. Jadi bila daerah refleksi dipijak maka sirkulasi darah organ yang berkaitan akan lancar, sehingga tubuh menjadi sehat.

Prof Hembing terkenal dengan tips hidup sehat yang banyak orang ingin mengetahuinya. Berikut ini 4 prinsip hidup sehat dari pengalaman sehari-hari prof Hembing yang bisa dijadikan sebagai panduan cara hidup sehat.

1.    Mengkonsumsi makanan sehat dan baik serta halal

Sehat saja tidak cukup, makanan yang kita konsumsi juga harus baik. Baik dalam artian cocok untuk tubuh Anda. Selain itu prof Hembing mengkonsumsi makanan dengan nutrisi yang bervariasi. Mengkombinasikan protein, mineral, karbohidrat dan nutrisi lainnya.

Sebagai seorang muslim, ia juga menjaga makanannya agar tidak hanya baik tapi juga halal. Demikian yang diperintahkan dalam ajaran agama islam. Makanan halal memberikan pengaruh positif pada kesehatan tubuh. Menurutnya konsumsi makanan non-halal malah membuat pengaruh negatif bahkan bisa mempercepat kematian.

2.    Meningkatkan daya tahan tubuh

Meningkatkan daya tahan tubuh berfungsi agar tidak mudah terserang penyakit. Diketahui bahwa banyak jenis penyakit yang menyerang tubuh manusia karena daya tahan tubuh menurun. Olahraga merupakan cara meningkatkan daya tahan tubuh.
Tidak perlu seorang memilih olahraga yang berat dan memberatkan Justru olahraga berat akan berdampak negatif. Lebih baik pilih jenis olahraga yang sesuai dengan tubuh Anda dan kemampuan tubuh secara seimbang, tidak berlebihan

3.    Beristirahat yang cukup

Sematkan waktu istirahat yang cukup meskipun aktivitas sehari-hari yang dijalani sangat sibuk. Istirahat berguna untuk menghilangkan rasa lelah pada otot dan sel saraf yang telah bekerja seharian.

Lelah timbul karena penimbunan asam laktat, yang dihasilkan tubuh akibat pembakaran glukosa tanpa oksigen. Istirahat membuat asam laktat secara perlahan hilang dengan sendirinya melalui sebuah proses biokimia yang terjadi ketika tubuh diistirahatkan.

4.    Tanamkan selalu sikap positif

Terakhir hal yang tidak kalah penting adalah selalu menanamkan sikap positif dalam segala hal. Dalam islam mengedepankan sikap positif disebut khusnudzon. Seseorang akan menjadi lebih baik saat berpikir positif.
Orang yang selalu berpikir positif tidak akan mudah stres. Secara logika, orang yang berpikiran positif tidak memiliki banyak beban yang menyedot energi positif. Sebaliknya orang yang selalu berpikiran negatif akan timbul banyak beban dan mengendap diotaknya. Kondisi seperti itu tentu akan berakibat negatif pada kondisi fisik. Itulah alasannya orang stres mudah sakit.

0 komentar:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.