Thursday 23 December 2010

Mengatasi Stres dengan Makanan Sehat


Dalam kehidupan sehari-hari seseorang sering berurusan dengan stres, biasanya sebagai penyebab faktor eksogen. Stres dalam jangka pendek akan meningkatkan hormon adrenalin dan noradrenalin meningkat. Hormon-hormon ini membuat jantung berdetak lebih cepat, keringat dingin akan keluar, dan masih banyak gejala yang tidak mengenakan lainnya. Ketika stres terjadi secara terus-menerus maka akan memicu pembentukan hormon sistem saraf pusat yang dikenal sebagai hormon kortisol. Peningkatan sekresi hormon kortisol akan mengganggu sistem kekebalan tubuh, yang dapat menyebabkan berbagai penyakit. 

Tindakan yang perlu dilakukan adalah untuk beradaptasi dengan stres dan mencari jalan keluar sendiri atau meminta bantuan dari pihak lain, dan jangan lupa untuk selalu mendekatkan diri dengan Tuhan.

Pada orang yang menderita tekanan psikologis parah hampir sepanjang hidupnya lebih rentan terhadap penyakit batuk dan flu dibandingkan orang-orang yang bahagia. Stres berkepanjangan bisa membuat seseorang mental dan kelelahan fisik.

Beberapa Makanan Ini Dapat Mengurangi Stres

Tahukah Anda, ternyata stres bisa kita atasi dengan menyantap makanan sehat. Beberapa makanan ini dapat membantu mengurangi stres, di antaranya adalah: 

1. Karbohidrat Kompleks

Seperti nasi merah, sereal, kentang, ubi jalar, madu. Selain sebagai sumber energi, karbohidrat kompleks juga membantu mengangkut asam amino triptofan yang merupakan elemen pembentuk serotonin. Serotonin adalah hormon yang membuat orang tidak emosional, tenang, santai. Banyak kadar serotonin akan membuat kehidupan yang stabil meski menghadapi tekanan berat. 

2. Ikan Laut

Ikan laut ternyata dapat membantu seseorang menjadi tidak emosional, lebih santai. Kandungan asam lemak omega 3 dapat meningkatkan kadar serotonin dan menghambat produksi hormon kortisol.

3. Susu

Susu, yang mengandung asam amino yang merupakan bahan baku untuk memproduksi hormon serotonin. 

4. Chocolate

Cokelat mengandung senyawa yang meningkatkan fenitelamin triobromin dan penyerapan triptofan ke dalam otak. Tryptophan adalah asam amino untuk menghasilkan dopamine. Dopamin memiliki efek positif pada suasana hati.

5. Pisang

Kandungan vitamin B6, asam folat dan asam amino tryptophan membantu menghasilkan neurotransmitter yang menimbulkan rasa tenang.

6. Nanas

Nanas mengandung serotonin sekitar 1,7-3,15 mg / 100 gram.

Demikian 6 jenis makanan sehat yang bisa mengatasi stres. Akan tetapi selain mengkonsumsi makanan di atas, Anda juga harus belajar menjaga emosi dan mengatasi keadaan agar tidak gampang stres. Semoga bisa dipraktikan cara mengatasi stres dengan makanan sehat ini.

18 comments:

  1. Hmmm...intinya kalo makanan sehat itu selalu bisa ngatasin stress kan

    ReplyDelete
  2. @hanya nulis: iya betul...selalu makan makanan yang sehat saja secukupnya...agar kesehatan jiwa raga terjaga....salam

    ReplyDelete
  3. Inded, healthy food make us healthy. It will be better if combined by practising sport such as jogging, swimming, etc.

    Thanks for the nice and useful article

    Warm regards

    ReplyDelete
  4. @pakde: i agree with you pakde...thank's for your visit.

    ReplyDelete
  5. lho... suara merdeka ada yang bahasa inggris ya... padahal itu koran kesayanganku ko aku g pernah lihat yang bahasa inggris ya?

    atau diartikan sama yang punya?

    ReplyDelete
  6. @choirul: he...iya emang ga ada kolom yang pake bahasa inggris...ini saya terjemahkan ke bahasa inggris sambil belajar...

    ReplyDelete
  7. terimakasih banyak atas infonyam, kawan...
    makan makanan yang sehat2 sjalah, sehat itu mahal..he..he....

    ReplyDelete
  8. this is my first visit. Thanks to remind us about healthy food. Sorry, i dont know about "brown rice". in my mind i translate that word with "nasi coklat". if you dont mind, can you tell me about it?thanks for your answer.
    Nice to come to your blog..

    ReplyDelete
  9. @teras info : sama2...keep healthy life style. salam

    ReplyDelete
  10. @wits: thank's for your visit Wits...saya suka menyebut beras merah sebagai 'brown rice' karena saat beras merah dihidangkan di meja makan keluargaku warnanya tak lagi merah melainkan agak kecoklatan...hehe...salam.

    ReplyDelete
  11. makan makanan sehat sesuai keperluan jangan berlebihan, berolahraga dan perkuat sisi spritual
    betul khan Mas ?

    ReplyDelete
  12. @lyna: betul betul betul...hehe...salam. selamat pagi...

    ReplyDelete
  13. kalau saya kalao lagi stress jadinya insomnia...gimana tuh :D

    ReplyDelete
  14. @kang ian: hehe...saya juga kang, tidak bisa tidur tenang kalau sedang memikul masalah...mungkin tips di atas bisa kita coba. semoga dapat mengatasi keadaan ^_^

    ReplyDelete
  15. ada rasa senang membaca tulisan ini
    karena aku penyuka ikan dan buah-buahan
    semoga bisa mereduksi stres ya..

    salam
    sedj

    ReplyDelete
  16. dengan makan makanan yang bergizi akan menangkal berbagai serangan penyakit.Sip bgt infonya :)

    ReplyDelete

Note: only a member of this blog may post a comment.