Tuesday 10 May 2011

Tips Mengatasi Kebiasaan Tidur Mendengkur


Mendengkur atau istilah lainnya biasa kita kenal dengan "ngorok" ternyata tidak boleh dianggap biasa. Dalam dunia kesehatan, mendengkur merupakan salah satu gangguan kesehatan yang terjadi karena penyempitan saluran pernafasan.

Penyempitan saluran pernafasan tersebut terjadi karena beberapa hal, diantaranya:
  1. Selama tidur otot-otot pernafasan rileks
  2. Melemahnya otot tenggorokan dan otot lidah
  3. Adanya pembengkakan amandel yang terlalu besar
  4. Lidah jatuh ke belakang karena posisi tidur terlengtang
  5. Adanya benjolan di tenggorokan karena kegemukan atau penyakit tertentu
Oleh karena itu mendengkur ternyata merupakan salah satu indikasi adanya gangguan kesehatan pada kita. Bahkan hal ini bisa sangat membahayakan sebab ketika mendengkur suplai oksigen ke dalam tubuh terganggu karena terjadi penyempitan saluran pernafasan. Jika hal itu terjadi berkepanjangan maka saat tidur tubuh akan kekurangan oksigen dan berakibat pada kematian. Biasanya mendengkur jenis itu biasanya terjadi pada OSA (Obstructive Sleep Apnea) dimana mendengkur bisa menghentikan nafas untuk sementara waktu.

Ciri Mendengkur Yang Berbahaya

Mendengkur yang berbahaya biasanya ciri-cirinya bisa ketahui dari suaranya yang keras lalu tiba-tiba terputus dan dilanjutkan dengan irama nafas. Jika sudah sampai tahap ini maka semua organ tubuh bekerja lebih keras termasuk jantung dan otak. Jantung akan bekerja lebih keras memompa darah untuk memenuhi kebutuhan oksigen. Sementara itu otak bekerja lebih keras untuk membuat otak kita terjaga dari tidur.

Dalam jangka pendek orang yang mendengkur saat tidur akan merasakan kantuk berlebihan pada siang hari saat tidak melibatkan aktivitas fisik. Selain itu juga sering lupa atau konsentrasi tidak baik.

Dalam jangka panjang orang yang mendengkur saat tidur akan rentan terhadap penyakit berbahaya seperti hipertensi (darah tinggi), stroke, dan jantung. Hal itu disebabkan karena jantung dan otak akan mengalami kelelahan dan mudah rusak karena sering dipaksa bekerja ekstra.

Cara Mengatasi Tidur Mendengkur

Beberapa cara ini bisa diaplikasikan untuk mengurangi atau menghilangkan kebiasaan mendengkur saat tidur. Tips mengatasi kebiasaan tidur mendengkur:
  • Jika mendengkurnya disebabkan karena kelebihan berat badan maka cobalah untuk menurunkan berat badan agar saluran nafas menjadi lega
  • Jika mendengkur akibat amandel maka Anda harus segera melakukan pemeriksaan ke dokter untuk dioperasi
  • Hindari minuman beralkohol karena akan menekan pusat pernafasan di otak
  • Berhentilah merokok agar saluran pernafasan tidak terganggu
  • Hindari obat tidur, obat flu, obat penghilang rasa sakit secara berlebihan karena obat-obat itu juga menyebabkan masalah pernafasan saat tidur
  • Alergi dapat memicu dengkuran, makanya hindari pemicu alergi tersebut
  • Hindari tidur terlentang karena menghalangi saluran pernafasan oleh otot lidah yang jatuh ke belakang.


1 comment:

Note: only a member of this blog may post a comment.