Saturday 11 October 2014

PCOS Penyebab Sulit Hamil

Apa Itu PCOS?



PCOS merupakan singkatan dari Polycystic Ovarian Syndrome, adalah suatu hormonal yang menyebabkan gangguan sehingga berpengaruh pada proses reproduksi pada wanita. Kondisi seperti ini bisa berakibat siklus haid terganggu dan sulit hamil.

Ciri-cirinya haid tidak teratur dan kista pada indung telur berlebihan. Biasanya orang yang menderita gangguan ini sering merasakan nyeri pada pinggul, cemas, rambut rontok, dan terlihat gemuk disekitar pinggang.

Menurut Dr Hamidun, SpOG yang dikutip dari majalah Selaras edisi 21, PCOS belum ada obatnya. Tapi seseorang bisa mengurangi dan menjaga berat badan dengan olahraga teratur, pola makan yang benar, perbanyak makan sayuran, perbanyak konsumsi jus segar dan lain sebagainya.

Bagi penderita gula darah tidak teratur  hindari buah-buahan tinggi gula seperti pisang dan anggur. Juga jangan mengkonsumsi makanan yang mengandung hormon dan antibiotik. Kurangi keju, susu dan telur, hindari makanan yang bisa menyebabkan kegemukan serta menghindari rokok dan minuman beralkohol. Kopi dan teh hitam juga tidak boleh dikonsumsi.

Cara Penderita PCOS Cepat Hamil


Keinginan ibu agar cepat hamil bisa dilakukan dengan menggunakan obat kesuburan. Akan tetapi penggunaannya dengan petunjuk dokter spesialis kandungan yang Anda percaya. Sulit hamil bukan berarti tidak bisa, ada beberapa obat yang bisa menjadikan wanita penderita PCOS bisa hamil.

Jika tidak mau dengan obat, maka solusi paling cepat adalah dengan operasi bedah yang dapat meningkatkan kemungkinan ovulasi. Pada wanita dibawah usia 30 tahun lebih baik lakukan cara alami agar cepat hamil karena pengobatan dengan obat kesuburan dapat menyebabkan efek samping berat.

1 comment:

  1. Penyakit sekarang ini semakin kompleks aja ya.. Sepertinya dokter akan semakin ramai

    ReplyDelete

Note: only a member of this blog may post a comment.