Tuesday 4 November 2014

10 Tips Menjaga Kesehatan Rambut Secara Alami

10 Tips Menjaga Kesehatan Rambut Secara Alami

Rambut merupakan pelindung kulit kepala dari panas matahari maupun dinginnya udara. Bagi wanita rambut tidak hanya berfungsi sekedar pelindung kepala saja, bahkan menjadi mahkota wanita. Kecantikan wanita dipengaruhi rambut yang indah dan sehat.

Demikian pula dengan pria, rambut bersih, rapi dan sehat menunjang penampilan. Oleh karenanya banyak orang berlomba merawat rambut agar sehat dan indah dengan cara apapun. Pergi ke salon salah satu langkahnya, bahkan mereka tidak sayang merogoh kocek lebih dalam.

Tapi tahukah Anda bahwa menjaga kesehatan rambut bisa dilakukan dengan mudah dan murah. Berikut 10 tips menjaga kesehatan rambut secara alami:

1. Menyisir dan menyikat rambut

Menyisir dan menyikat rambut yang Anda lakukan setiap hari bukan hanya berfungsi untuk merapikan dan membersihkan rambut tapi juga meningkatkan suplai darah untuk mengaktifkan sel-sel kulit kepala. Gunakan sisir dengan gerigi yang tidak rapat dan berbulu halus.

2. Pilihlah shampo yang tepat

Ada banyak sekali jenis shampo yang beredar di pasaran. Sebaiknya pilihlah shampo yang tepat sesuai jenis rambut Anda. Jenis rambut kering, normal, berminyak, berketombe dan lain sebagainya bisa pilih shampo yang sesuai. Setidaknya gunakan minimal 2x dalam seminggu. Jika sehabis renang di laut, keramaslah dengan shampo untuk menghilangkan garam yang dapat merusak folikel rambut.

3. Gunakan kondisioner

Selain shampo Anda juga dianjurkan menggunakan kondisioner. Penggunaan kondisioner ini berguna untuk memudahkan mengatur rambut terutama jika jenis rambut Anda kering. Kondisioner juga mempermudah Anda saat menyisir rambut.

4. Keringkan rambut basah denagan lembut

Memakai handuk sehabis mandi juga ada caranya agar rambut tetap sehat. Jangan menggosoknya terlalu keras. Saat rambut basah, strukturnya lebih rapuh sehingga mengeringkan dan menyisir dengan keras tidak dianjurkan.

5. Hindari stres berlebih

Ternyata stres merupakan salah satu penyebab kerontokan rambut. Seimbangkan dan stabilkan emosi Anda untuk mengurangi stres berlebih. Selalu berpikir positif saja.

6. Jangan memakai wig (rambut palsu)

Wig membuat kulit kepala sulit 'bernafas' dengan baik. Helm, jilbab, dan topi tidak merusak rambut, asalkan berhati-hatilah saat mengenakan dan melepaskannya.

7. Variasikan gaya rambut

Cobalah selingi gaya rambut Anda lebih longgar untuk menghindari tarikan konstan yang menyebabkan ketegangan folikel sehingga rambut rontok.

8. Jangan terobsesi masalah rambut

Alih-alih ingin berhati-hati menjaga kesehatan rambut malah merusaknya dengan ketidaktahuan. Jangan menyentuh atau menarik-narik rambut secara terus menerus.

9. Jaga protein rambut yang cukup

Rambut terdiri dari protein (keratin), penting sekali mencukupi diet cukup protein untuk mempertahankan produksi rambut. Protein bisa diperoleh dari daging, ikan, unggas, telur, susu, keju, sereal, kedelai dan kacang-kacangan.

10. Hindari sengatan matahari langsung ke kulit kepala

Sengatan matahari bisa berdampak serius bagi kesehatan secara keseluruhan. Termasuk sengatan matahari langsung ke kulit kepala yang dapat menyebabkan folikel tidak mampu mempertahankan rambut karena luka bakar.

Jika 10 tips di atas dilakukan dengan baik dan hati-hati insya Allah rambut akan menjadi sehat. Bagi seorang wanita yang paling bagus menggunakan jilbab  untuk melindungi rambut, dan bagi laki-laki mengenakan topi atau semisalnya.

0 komentar:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.