Monday 15 September 2014

Hindari Stres dengan Nutrisi Tepat

hindari stres dengan nutrisi tepat

Padatnya aktivitas sehari-hari bisa membuat seseorang mengalami stres. Jika hal itu terjadi secara terus menerus bisa berakibat fatal. Kegiatan lain akan menjadi terganggu karena stres berkelanjutan. Berhentilah beberapa waktu dari pekerjaan yang melelahkan untuk mengurangi stres, juga lakukan perbaikan asupan nutrisi makanan Anda.

Beberapa makanan berikut mengandung nutrisi tepat yang bisa mengurangi tingkat stres seseorang, diantaranya:

Keju

Keju bisa jadi salah satu makanan alternatif tepat untuk menghindari stres. Sumber protein hewani tersebut mampu melepaskan hormon serotonin. Serotonin merupakan hormon kebahagiaan yang bisa menimbulkan rasa nyaman untuk mencegah stres.

Asam amino yang terkandung dalam protein keju akan bekerja baik jika dikonsumsi dengan karbohidrat. Konsumsi keju dengan roti paduan yang pas untuk makanan menyehatkan.

Kacang Almond 

Kadar lemak tak jenuh tunggal dalam kacang almond sangat tinggi. Dimana lemak tak jenuh tunggal tersebut merupakan sumber vitamin B2, E, Zn, dan Magnesium. Kandungan tersebut sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Jeruk dan Alpukat

Kedua buah tersebut sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Jeruk sendiri diketahui dapat mengurangi hormon stres dan memperkuat kekebalan tubuh. Selain itu jeruk merupakan buah yang tinggi serat dan rendah kalori.

Sementara alpukat merupakan sumber kalium dan lemak yang berfungsi membantu pelepasan hormon serotonin.

Ikan Tuna dan Salmon

Tuna dan salmon bisa menjadi pilihan lauk tepat untuk mengurangi tingkat stres. Kedua menu tersebut merupakan sumber asam lemak omega3. Asam lemak jenis ini mampu membantu melawan peradangan dan nyeri. Jika Anda seorang vegetarian, cobalah konsumsi biji rami sebagai pengganti tuna dan salmon.

1 comment:

Note: only a member of this blog may post a comment.